Toilet Portable

Bandung - Pemkot Bandung berencana membeli toilet portable yang nantinya akan ditempatkan di sejumlah taman. Kekuatan toilet mini buatan Amerika Serikat ini 'diuji' Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. Emil sapaan Ridwan, menendang pintu toilet yang disebut-disebut super tangguh itu. Pimpinan PT Groen Indonesia Tritan Saputra memboyong toilet bercat merah ini ke Balaikota Bandung, Jalan Wastukancana, Senin (3/11/2014). Tritan memperkenalkan toilet portable kepada Emil."Ini antihuru-hara. Kuat," kata Trita. Seketika Tritan menendang keras pintu toilet. Dia meminta Emil mencoba megetes kekuatan toilet. Emil mengamini. Tubuh Emil melayang rendah, lalu kaki kanananya menendang bagian tengah pintu toilet. Brak! Tendangan Emil membuat posisi toilet bergeser sedikit. Hasilnya, bagian pintu tak terlihat rusak dan penyok. Trita menyebutkan, toilet portable ini terbuat dari bahan plastik super kuat. "Produk ini buatan Amerika Serikat," ucap Trita.

PT Groen Indonesia yang bermarkas di Surabaya ini sengaja menyambangi Pemkot Bandung untuk menawarkan dan mendemonstrasikan dua unit road sweeper serta memamerkan toilet portable. Perusahaan yang memfokuskan diri dalam bidang manajemen persampahan ini merupakan distributor sejumlah produk kelas dunia. "Saya mau beli toilet portable ini. Nanti satu taman itu ada tiga toilet portable," ujar Emil. Untuk tahap awal, ada delapan taman yang menjadi prioritas penempatan toilet portable ini. Soal harga toilet portable buatan Amerika Serikat ini, Emil tak mengetahui persis nominalnya. Namun berdasarkan informasi, harga satu toilet portable itu dibanderol Rp 35 juta.

Sedangkan toilet portable sejenis tapi berbahan dasar fibgreglass dengan mutu yang sama jauh lebih murah, kuat, kokoh, anti korosi, bergaransi akan lebih efisien.

Sumber : Detik.COM